RSS

Kunci mencapai sukses dengan mitode : KISS ME

26 Okt

Ketika seseorang dalam suatu Perusahaan mendapatkan promosi dan naik pangkat, seorang temannya memberi ucapan selamat dan menyalaminya. Kemudian dia bertanya,

“ Selamat ! Apa sih kuncinya sehingga kamu bisa sesukses ini ?” Orang tersebut dengan santai lalu menjawab;

“ Kiss Me ! “ Temannya terkejut. Gila orang ini ? Masak terlalu gembira bisa bersikap nyleneh seperti itu ?

“Apa maksudmu ? “ dengan senyum – senyum orang tersebut mulai menjabarkan apa maksud ucapannya tadi.

KISS ME adalah suatu singkatan

K (Know) artinya TAHU.

Apabila anda akan melakukan sesuatu, anda harus tahu segala sesuatu yang berhubungan dengan apa yang akan anda lakukan. Segala sesuatu yang berhubungan dengan tindakan yang akan anda lakukan. Apapun bentuk – cara – maupun pengetahuan tentang hal yang berhubungan dengan sesuatu yang akan anda lakukan. Anda harus tahu tentang ;

• Diri anda sendiri.

• Ide ide anda

• Pengetahuan atau wawasan anda, sampai dimana……

• Kemampuan anda. Sebagus mana anda mengetahui sesuatu. Kekurangan apa yang anda miliki.

Anda bisa mengukur / menilai diri anda sendiri, dan membuat suatu prediksi, sampai sejauh mana anda akan berhasil. Dengan begitu anda juga akan tahu resiko – resiko apa yang akan anda ambil.

I (Idea) artinya Ide atau gagasan.

Gagasan yang akan anda cetuskan apakah sangat menarik untuk saat sekarang maupun masa akan datang. Ideal dan perlu untuk anda wujutkan ?. Banyak orang melakukan sesuatu tapi tidak tahu untuk apa dia melalukannya . Dan apabila dia melakukan hal seperti itu, maka dia lama kelamaan dia akan bosan dengan sendirinya. Pada akhirnya akan meninggalkan apa yang sudah dilakukannya. Sebab dia tidak tahu, apa yang dia lakukan itu merupakan suatu gagasan yang baik atau tidak ?. Yang lagi diminati atau tidak ?. Yang pada akhirnya akan menemukan suatu titik buntu. Anda tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan. Artinya, dalam konteks tersebut anda sendiri harus tahu – yakin bahwa gagasan anda itu bisa dipertanggungjawabkan. Sehingga tidak sampai menemukan suatu titik jenuh yang membingungkan diri anda sendiri.

S (Service) artinya pelayanan.

Keberhasilan adalah hasil dari suatu kerja keras. Jangan malas. Kemalasan adalah sumber dari kegagalan. Anda harus bisa melayani setiap orang dengan hati lapang dan senyum yang ramah. Dan anda akan menerima perlakuan yang sama dari mereka. Jangan membikin marah atau kesal orang. Buatlah hubungan yang baik dengan kolega-kolega anda, teman anda, pelanggan anda dan orang orang lainnya. Jangan mudah cepat puas. Cobalah untuk melakukan sesuatu lebih baik dan lebih baik lagi.

S (Straight) artinya lurus.

Anda harus bersikap lurus dalam segala hal. Jujur dan loyal terhadap pekerjaan anda. Apabila anda tidak jujur dan mudah korupsi, maka anda hanya akan mendapatkan kemarahan dari Boss anda. Dan tidak akan mempercayai anda lagi. Buatlah Boss anda bangga atas diri anda !

M (Management) artinya penataan.

Buatlah jadwal kerja. Membuat jadwal kerja atas pekerjaan anda adalah penting, agar anda tidak bekerja dalam situasi dan kondisi yang amburadul. Semua harus tertata dan terstruktur dengan baik. Buatlah catatan – catatan yang memudahkan kinerja anda.

E (Evaluation) artinya penilaian/evaluasi.

Pada akhirnya anda harus menilai atau meng-evaluasi atas semua yang telah anda lakukan. Cek kembali apa yang telah anda lakukan, bagaimana hasilnya. Evaluasi bisa anda lakukan tiap bulan atau setengah tahun sekali. Tergantung anda. Sebab evaluasi ini sangat perlu untuk mengetahui keberhasilan anda maupun kegagalan anda. Dari evaluasi itulah kita bisa melakukan perbaikan perbaikan. Melakukan hal yang lebih baik dan lebih maju dari sebelumnya. Ingat KAIZEN !. (lain kali kita akan bicara tentang KAIZEN ) Itulah artinya KISS ME.

Oleh. Didik Suwitohadi

Dari HELLO Magazine. Edisi November 97. No. 144

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 26 Oktober 2009 in Manajemen

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: