RSS

Pandangan Cendekiawan Dunia terhadap Rasulullah

12 Nov

Banyak cendekiawan dunia menulis tentang MUHAMMAD saw. Mengakui kesabarannya. Mengakui kehebatan kepemimpinannya. Tapi yang utama, banyak yang mengakui toleransinya terhadap bangsa-bangsa, suku-suku dan agama lain. Dengan kata lain, Rasulullah tidak pernah menistakan bangsa atau agama lain. Bagimu agamamu, bagiku agamaku. Muslim yang cerdas dan berwawasan, bisa berdampingan dengan siapapun di bumi ini.

Dibawah ini adalah beberapa pendapat tentang Muhammad saw dari kalangan orientalis ( orang yang mempelajari agama islam, tapi dia bukan muslim ). Saya ambil dari biographi Rasulullah yang ditulis oleh H.M.H Hamid Al Husaini. Lahir di Tuban 16 Agustus 1910. Pernah menempuh pendidikan di Inat Yaman selatan tahun 1932 -1935. Sudah menulis puluhan buku tentang islam. Beliau wafat 18 Mei 2002.

J.Barthelemay Saint Hilaire ( 1805-1895 M ).
Orientalis berkebangsaan perancis, pakar peneliti agam-agama di timur. Salah satu bukunya yang telah diterjemahkan kedalam bahasa arab ialah ; Budha orang India dan Muhammad dan Alqur’an. Dalam bukunya Impartial History, ia mengambil kesimpulan sebagai berikut : “ Saya tidak mungkin bisa berpendapat lain kecuali, Muhammad adalah seorang tokoh paling besar dalam sejarah, yang pernah hidup dibumi ini…..”

Baron Carra De Vaux ( 1868 M ).
Orientalis berkebangsaan perancis, maha guru perguruan tinggi katolik di Paris. Diantara buku-bukunya yang banyak ibaca orang didalam dunia islam, ialah MATEMATIKA dan ILMU FILSAFAT ( 1891 ). AVECIENEE ( “ Ibnu Sina “ ), dan PARA AHLI PIKIR ISLAM. Dalam bukunya yang sudah diterjemahkan dalam bahasa belanda DE KRACHT VAN DE ISLAM, dihalaman 332 mengatakan ; “ Sebagai seorang filsuf dan Nabi, Muhammad dapat dipandang sebagai Ruh Illahi, indah dan praktis. Lebih tinggi dari metafisika dalam moral. Ia menciptakan THEODICY yang lebih luhur dan lebih kokoh ”. Theodicy : ajaran yang bertujuan untuk menemukan dan menerapkan keadilan Illahi didalam kehidupan umat manusia .

Napoleon Bonaparte ( Napoleon I ), 1729-1821 M.
Lahir di Agaccion, panglima perang kenamaan, pendiri imperium Perancis. Banyak menaklukan negri, Itali 1794, Mesir 1798, Palestina 1799. Tapi gagal menyerbu Rusia, terpukul mundur di Waterlo.
Cherfils dalam bukunya berjudul BONAPARTE et I’Islam halaman 105, mensitir kata-kata Napoleon ; “ Musa telah menerangkan adanya Tuhan kepada bangsanya. Yesus pada dunia Romawi, dan Muhammad kepada seluruh dunia, enam abad sepeninggal Yesus. Bangsa arab adalah penyembah berhala, yaitu ketika Muhammad memperkenalkan penyembahan kepada Tuhan yang disembah oleh nabi Ibrahim, nabi Ismail, nabi Musa dan nabil Isa. Sekte arius dan sekte-sekte lainnya telah mengganggu kesentosaan timur dengan jalan membangkit-bangkitkan persoalan tentang sifat Tuhan Bapa-Tuhan Anak dan Roh Kudus. Muhammad mengatakan : tidak Tuhan selain ALLAH yang tidak berbapa dan tidak ber-anak dan “ Trontas “ itu kemasukan ide-ide sesat “.

Muhammad seorang bangsawan. Ia mempersatukan semua patriot. Dalam beberapa tahun kaum muslim berhasil menguasai separuh bola dunia. Jiwa manusia mereka selamatkan, berhala-berhala mereka hancurkan, dan tempat pemujaan mereka runtuhkan selama 15 tahun jauh lebih banyak dibanding dengan oleh para pengikut Musa dan Isa selama 15 abad. Sekiranya revolusi yang dibangkitkannya itu tidak dipersiapkan oleh keadaan, mungkin ia sudah dipandang sebagai Dewa. Ketika ia muncul, bangsa arab telah ber-tahun-tahun terlibat berbagai perang saudara.

Arthur Glyn Lernard.
Dalam bukunya, ISLAM HER MORAL and SPIRITUAL VALUE antara lain mengatakan ; “…. Manusia yang lebih saleh dari Muhammad tidak pernah hidup. Ia menggunakan tenaganya dengan sepenuh kesanggupan. Ia membuktikan kesalehannya dengan menempatkan kepercayaan pada ibadah yang ketat dank eras. Ringkasnya, ISLAM adalah AMAL, bukan teori Islam hidup dari amal. Karena Muhammad mengamalkan semua yang dikutbahkannya…..”
“…..sekalipun jasadnya telah tiada, namun semangat dan jiwanya masih terus berbicara melalui lidah ber-juta-juta banyaknya. Bagi Muhammad, hidup ini hanyalah sebuah kendaraan kearah tujuan, dan tujuan itu adalah yang Maha pemula dan Maha akhir, ALLAH “.

Sebenarnya masih banyak lagi pendapat dari para cendekiawan barat ini, tapi cukuplah beberapa kutipan diatas sebagai wawasan kita. Semoga keimanan kita semakin mantap mengakui adanya satu TUHAN, tiada yang lain.

Dunia mengakui kebesaran Muhammad, sebagai manusia besar yang tidak menindas dan menistakan bangsa, kaum dan agama lain. Inilah pelajaran yang harus kita petik dari Rasulullah saw. Sepanjang kepemimpinannya, tidak pernah Rasulullah menghinakan kaum dan agama lain. Selalu berusaha untuk menjalin hubungan, bahkan kepada kaum Yahudi sekalipun. Karena agama tidak bisa dipaksakan, itu sudah terbukti terhadap kerabatnya sendiri, hingga sampai akhir hayatnya, masih banyak dari kerabatnya kaum Quraisy yang tidak percaya Islam. Seperti Abu Sofyam misalnya, dari silsilah keturunan Abu Sofyan akan lahir klan bani Ummayah. Merekalah yang membunuh cucu nabi, Al Husein bersama para pengikutnya dipadang Karbala. Muslim aliran Syiah selalu memperingati hari pembantaian itu setiap tahunnya.

Diriwayatkan,, ketika Nabi masih hidup, hal itu sudah dibertakan oleh malaikat Jibril, bahwa cucunya kelak akan dibunuh oleh umatnya sendiri. Hingga Nabi menangis tersedu-sedu sambil menimang Al Husein kecil dipangkuannya kala itu,

Semoga semua ada hikmanya dan mempertebal iman kita tanpa kebencian pada kaum dan agam lain. Islam adalah agama saling menyayangi, saling menghargai kepada siapapun. Jangan dikotori oleh pemikiran atau paradigma yang menyimpang, yang cenderung “ membenci “ dan “ memusnahkan “. Ingatlah ! Bagimu Agamau, Bagiku Agamaku, Dalil itu sudah sangat jelas diajarkan oleh Islam.

Semoga kita menjadi Muslim yang cerdas, berwawasan, penuh cinta kasih dan mampu memberi, bukan hanya menunggu zakat ( maaf…! ). Amiiinnn…!!!

Surabaya 11-05-2007.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 12 November 2009 in Agama

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: