RSS

Apa itu gas rumah kaca.

08 Feb

Atmosfir bumi terdiri dari ber-macam-macam gas dengan fungsi yang ber-beda-beda. Kelompok gas yang menjaga suhu permukaan bumi agar tetap hangat dikenal dengan istilah “gas rumah kaca “.



Disebut gas rumah kaca karena sistem kerja gas gas tersebut diatmosfir bumi mirip dengan cara kerja rumah kaca yang berfungsi menahan panas matahari didalamnya agar suhu didalam rumah kaca tetap hangat, dengan begitu tanaman yang berada didalamnya akan dapat tumbuh dengan baik, karena memiliki panas matahari yang cukup.

Agar temperatur bumi tetap hangat, saat radiasi matahari mencapai atmosfir bumi, sebagian panas akan dipantulkan oleh atmosfir dalam bentuk sinar infra merah. Dan sebagian lagi akan diteruskan kepermukaan bumi. Hal ini membuat permukaan bumi menjadi hangat. Bayangkan kalau atmosfir tidak mampu memantulkan sebagian dari radiasi matahari. Panas luar biasa akan mengguyur permukaan bumi.

Panas yang diterima dipermukaan bumi akan dipantulkan kembali ke ruang angkasa, sebagian akan tinggal dipermukaan bumi, sehingga bumi tetap hangat dan nyaman.. Karena atmosfir sudah begitu banyak dikotori oleh gas-gas yang berifat menyerap panas, maka panas dipermukaan bumi tidak dapat terlepas semuanya ke ruang angkasa. Akibatnya panas permukaan bumi menjadi meningkat. Inilah yang menyulut suhu permukaan bumi menjadi bertambah panas. GLOBAL WARMING !

Gas -gas yang menyerap panas permukaan bumi adalah, CO2 ( karbon dioksida ) yang banyak dihasilkan dari kendaraan bermotor dan pabrik-pabrik. Metana (CH4), banyak dihasilkan pertanian dan peternakan ( terutama dari sistem pencernaan hewan-hewan ternak ). Nitrogen Oksida (NO) dari pupuk. Gas-gas yang digunakan untuk kulkas dan pendingin ruangan (CFC).

Rusaknya hutan yang seharusnya berfungsi sebagai penyimpan CO2, makin memperparah keadaan. Karena pohon-pohon yang mati akan melepaskan CO2 yang tersimpan dalam jaringannya ke atmosfir.

Setiap gas rumah kaca memiliki efek pemanasan global yang berbeda. Beberapa gas menghasilkan efek pemanasan lebih parah dari CO2. Contoh, sebuah molekul Metan menghasilkan pemanasan 23 kali dari molekul CO2. Molekul NO menghasilkan efek pemanasan 300 kali dari molekul CO2. Gas-gas lain seperti chlorofluorocarbons (CFC) ada yang menghasilkan efek pemanasan ribuan kali dari CO2. Tapi untungnya pemakaian CFC telah dilarang dibanyak negara, karena CFC telah lama dituding sebagai penyebab rusaknya lapisan Ozon, yang membuat radiasi sinar matahari menembus ke permukaan bumi.

Mari kita rame-rame menghiasi halaman – pekarangan rumah kita dengan tanaman, jangan jadikan full bangunan. Jangan sampai halaman anda di semen rapat sampai air tidak bisa mengalir / merembes ke dalam tanah. Lebih baik di paving daripada disemen permanen, dengan paving air masih mampu mengalir / meresap kedalam tanah. Sukur-sukur kalau banyak ditanami tanaman perdu atau rumput hias misalnya atau pohon buah. Disamping pemandangan halaman menjadi segar dan alami, tanah halaman anda akan semakin subur. Hawa disekitar rumah anda akan terasa lebih nyaman, karena tanaman melepaskan oksigen pada siang hari.

Kalau suhu bumi semakin panas, es dikutup akan mencair dan permukaan air laut akan naik. Banyak pulau terancam tenggelam.

Didik Suwitohadi
september 2009.
Sumber. Tabloid global warming edisi 1 April 2008
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 8 Februari 2010 in Global Warming

 

Tag: ,

2 responses to “Apa itu gas rumah kaca.

  1. molinbangunan

    8 Februari 2010 at 11:49

    Mari kita menanam pohon

    Salam
    http://kerajinanbali.net

     
    • Didik Suwitohadi

      9 Februari 2010 at 07:26

      Kalau nggak kita sendiri yang menyelamatkan bumi kita, siapa lagi ? trims sudah berkunjung.

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: