RSS

Jadilah VEGETARIAN, menyumbang pengurangan EMISI dunia.

22 Feb

Lakukanlah sesuatu ! Jadilah Vegetarian atau setidak-tidaknya kurangi makan daging ! Bila Anda ingin melakukan sesuatu bagi usaha dunia untuk mengerem pemanasan global. Disamping dari segi penghematan listrik dan energi lainnya.


Penelitian Universitas Chicago menunjukan, bahwa seorang Vegetarian dapat mengurangi emisi karbon hingga 1,5 ton setiap tahunnya !. Beberapa media massa luar negri menyebutkan tindakan vegetarian dengan sebutan ”Vegetraian is the new Prius !”. Karena Mobil Toyota Prius menghemat emisi karbon sebanyak 1 ton setiap tahunnya.

Berubah menjadi Vegetarian tidak membutuhkan biaya apa-apa, bahkan bisa menghemat angggaran belanja, dan bisa dialihkan ke anggaran yang lebih bermanfaat, misalnya anggaran pendidikan.

Janganlah berpikir bahwa Anda sendirian tidak akan dapat membuat perbedaan atau perubahan, karena masih banyak orang diluar sana yang melakukan pemborosan energi. Jadilah contoh bagi mereka. Informasi dan contoh nyata dari satu orang dapat meng-inspirasi ratusan, bahkan ribuan orang. Ini bukan canda atau pujian dibuat-buat, tetapi Andalah calon-calon penyelamat dunia, dengan pilihan dan tindakan Anda yang akan meng-inspirasi orang-orang lainnya. 100 orang menjadi Vegetarian akan mengurangi 1.500 ton emisi karbon. Bila 10% saja dari penduduk Indonesia ber-vegetarian, kita telah mengurangi sedikitnya 30.000.000 (juta) ton emisi karbon per-tahun. Satu angka penghematan yang fantastis !

Alasan untuk beralih ke vegetarian bukanlah Anda sok suci atau sok spiritual, maupun sok baik terhadap hewan, bukan pula sekedar untuk alasan kesehatan. Lebih dari itu ! Anda ingin hidup lebih lama di planet ini dan Anda ingin mewariskan masa depan yang layak dan baik bagi Anak cucu Anda kelak !. Masa suram yang dijalani anak cucu kita kelak adalah buah perbuatan kita saat ini !

Berubahlah ! Apalah artinya mengganti selembar empal atau sepotong dada ayam dengan sepotong tahu atau tempe, bila hal itu berhubungan langsung dengan keselamatan Anda, yang juga keselamatan anak cucu Anda ! Sederhana untuk menyelamatkan dunia. Lepaskan daging dari piring makan Anda ! Kalau tidak bisa melepas sama sekali, setidak-tidaknya mulai menguranginya.


Masakan kita.

Masakan Indonesia banyak yang sehat dan terdiri dari sayuran, sedikit daging. Kenapa harus memilih makanan orang Bule ! Pecel adalah makanan khas Indonesia ( jawa ) yang kaya serat dan kacang-kacangan. Makanan itu sangat sehat. Mengapa harus malu makan pecel ? Bung Karno kalau ke Blitar, pasti mampir makan pecel ke langganannya. Dia tidak malu, padahal dia tokoh International. Makan pecel juga tidak membuat Bung Karno bodoh. Dia mahir berbicara beberapa bahasa asing. Disegani tokoh dunia pada jamannya.

Banggalah dengan makanan khas daerah anda masing-masing, promosikan ke dunia luar. Jangan kebule-bulean ah ! Bisa jadi belang nantinya ! Dan akan jadi tertawaan orang bule juga.

Didik Suwitohadi
Oktober 2009.
Referensi. Tabloid global warming edisi 1 April 2008
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 22 Februari 2010 in Global Warming

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: