RSS

Perubahan Gaya Hidup dapat mengerem Perubahan Iklim.

03 Mar

Jangan makan daging, kendarai sepeda, dan jadilah konsumen yang hemat. Dengan itu kita dapat membantu mengerem pemanasan global. Hal tersebut dikatakan oleh Rajendra Pachauri, ketua panel perubahan iklim PBB yang juga pemenang Nobel.

Laporan th. 2007 yang dirilis oleh Intergovermental Panel on Climate Change (IPCC) lebih menyoroti masalah “ Pentingnya Mengubah Pola Hidup,” kata Rajendra Pachauri dalam sebuah konferensi pers di Paris.

“ Ini adalah sesuatu yang takut untuk diucapkan oleh IPCC beberapa waktu lalu, tapi kini sudah saatnya kami harus mengatakannya.”

“ Kurangilah konsumsi dagin. Daging benar-benar komoditas penghasil karbon yang signifikan,” katanya, menambahkan pernyataanya. Daging dalam jumlah besar juga buruk untuk kesehatan. Penelitian menunjukan, menghasilkan 1 kg daging akan menghasilkan emisi karbon sebanyak 36,4 KG. Pemeliharan dan transportasi yang digunakan untuk menghasilkan sepotong daging sapi, kambing, babi atau lainnya, membutuhkan energi dalam jumlah yang sama untuk menyalakan sebuah bola lampu 100 watt selama 3 minggu.

“ Daripada mengendarai mobil hanya untuk menempuh jarak 500 meter, kita dapat meggunakan sepeda atau berjalan kaki. Dan itu akan menghasilkan perbedaan yang besar,” katanya, pada jurnalis yang menghadiri konferensi.

Perubahan pola hidup lain yang memberikan kontribusi perlawanan terhadap pemanasan global adalah “ tidak membeli barang hanya karena barang tersebut tersedia. Membeli hanya terhadap barang yang dibutuhkan. “

Mengenai Protokol Kyoto, perjanjian dunia tentang pemotongan emisi karbondioksida. Amerika dalah satu-satunya negara industri yang tidak mau membuat komitmen seperti itu.

Tentunya dunia tidak perlu mencontoh kelakuan negara seperti itu.

Menjadi negara yang maju dengan kemampuan sendiri adalah lebih mulia daripada mengaku bisa meng eksport mobil tapi merknya milik negara lain. Betapa lucunya, dan tanpa sadar kita sudah jadi kambing hitam sebagai pencipta emisi karbon.

Makan dengan memperkecil porsi daging akan jauh lebih sehat daripada makan daging porsi lebih. Pergi kerja dengan menggunakan sepeda tidak kalah kerennya dengan yang pakai mobil atau motor. Jangan malu kalau kalah materi, tapi harus malu kalau kalah pintar. Sadarlah….!!!! keselamatan dunia ada pada kelakuan – tabiat dan gaya hidup kita…!!!

Didik Suwitohadi
Oktober 2009.
Referensi. Tabloid global warming edisi 1 April 2008
Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 3 Maret 2010 in Global Warming

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: