RSS

Alexander Graham Bell- Antonio Meucci dan Telepon

24 Mar

Alexander Graham Bell.

Lahir di Edinburgh, Skotlandia, Britania Raya, 3 Maret 1847. Meninggal di Beinn Bhreagh. Nova Scotia, Canada, pada 2 Agustus 1922. pada umur 75 tahun.


Dia adalah ilmuwan, pencipta, pendiri perusahaan telepon ‘BELL’ dan seorang Profesor. Lulusan University of Edinburgh dan University College London. Istri bernama Mabel Hubbard, mempunyai 4 orang anak, 2 orang meninggal saat masih kecil, tinggal 2 orang anak perempuan yang masih hidup. Ayahnya bernama Alexander Menville Bell, dan Ibunya bernama Eliza Grace Symonds Bell.

Graham Bell mempunyai sifat ingin tahu yang tinggi, selalu penasaran dengan hal-hal baru yang belum diketahuinya. Dia pekerja keras dan selalu ingin belajar dan mencipta. Secara kontinyu dia mengadakan percobaan-percobaan ide-ide barunya. Hidupnya dilibatkan dalam dunia ilmu komunikasi dan disiplin ilmu lainnya, seperti, tentang pesawat terbang, ilmu struktur 4 bidang, ternak domba, peralatan nafas buatan, penyulingan air dan tehnik hidrofoils

Umur 12 tahun dia telah membuat peralatan sederhana, kombinasi antara dayung yang berputar dengan serangkaian sikat dari paku, alat tersebut untuk memisahkan gandum dari kulitnya. Umur 18 tahun dia mulai meneliti gagasan bagaimana mengirinkan dan mentransfer perkataan. Tahun 1874 dia mulai megerjakan telegraph. Percobaa yang dilakukan bersama asistennya, Thomas Watson, membuahkan hasil pada 10 Maret 1876. Saat itu kata yang di transmit adalah “ Watson come here, I want you ( Watson kemari, saya memerlukan kamu ).”. Telepon pada akhir diperkenalkan keseluruh dunia dengan perusahaan Bell Telephone Company pada tahun

Penemuan telepon telah membuatnya menjadi seorang yang sukses secara finansial. Tahun 1881 ia membangun laboratorium ‘VOLTA’ di Washington DC. Ia bekerja sama dengan dua orang sepupunya yang juga seorang ilmuwan,Cichester Bell dan Charles Summer Tainter. Mereka melakukan exsperimen temuan dari Thomas Edison yaitu alat Phonograph, sekaligus juga memproduksinya secara komersial. Dan berhasil.

Sesudah tahun 1885, saat untuk pertama kalinya dia berkunjung di Nova Scotia, Canada. Graham Bell membangun laboratorium lagi, Beinn Bhreagh ( baca, Ben Vreeah ), dekat kota Baddeck. Dia merekrut ilmuwan-ilmuwan muda untuk mewujudkan ide-ide baru.


Antonio Meucci.

Lahir 13 April 1808, meninggal 18 Oktober 1889. Seorang penemu berkebangsaan Itali. Penemuannya adalah alat komunikasi yang sangat dikenal saat ini, yaitu Telepon. Pada umumnya masarakat mengenal bahwa penemu telepon adalah Alexander Graham Bell.

Antonio Meucci, lahir di San Frediano dekat Firenze. Lulusan Akademi Kesenian Firenze. Kemudian bekerja di Teatro della Pergola ( gedung teater / kesenian ) sampai tahun 1835. Kemudian ditawari pekerjaan di Teatro Tacon di Havana, Cuba. Dan dia bersama istrinya berimigrasi ke Cuba.

Pada waktu senggang Meucci suka melakukan penyelidikan terhadap sesuatu dan memciptakan barang-barang. Meucci mengembangkan bagiamana cara menggunakan setrum listrik untuk menyembuhkan penyakit.

Tahun 1850 ia pindah ke Staten Island, New York. Pada saat itu dia dalam keadaan miskin, tapi masih terus menyempurnakan alat penemuannya, yaitu telepon. Karena ia sakit keras dan kondisi perekonomiaan saat itu yang sangat sulit, istrinya terpaksa menjual beberapa alat ciptaannya untuk biaya pengobatannya. Setelah sembuh ia kembali membuat alat-alat ciptaanya. Pada tahun 1871, ia taka mempunyai cukup uang untk mematenkan ciptaannya, yaitu telepon. Ia hanay membayar hak paten sementarta, yang berlaku hanya setahun, dan harus diperpanjang pada tahun berikutnya.

Akhirnya Meucci memawa lata ciptaaanya ke sebuah perusahaan Western Union, dia memperkenalkan dan mendemonstrasikan telepon dihadapan wakil ketua perusahaan. Tapi setiap kali Meucci mau menemui wakil perusahaan, selalu mendapat jawaban tidak ada waktu dari Edward B. Grant. Dua tahu kemudian saat Meucci meinta kembali semua materi telepon ciptaannya, mereka mengatakan telah “hilang”.

Tahun 1876, dia mendengar Alexander Graham Bell menyandang nama sebagai penemu telepon. Meucci melalui pengacaranya memprotes kantor Paten Amerika Serikat di Washington. Tapi ia kalah dalam kasus tersebut.

Hal mengejutkan baru terungkap dikemudian hari, yaitu diketahui bahwa Bell telah menyetujui untuk membayar 20% dari keuntungan komersial atas penemuan telepon kepada Westen Union selama 17 tahun. Hal itu baru diketahui setelah adanya permusuhan antara Alexander Graham Bell dengan Western Union.

Antonio Meucci disahkan sebagai penemu telepon oleh Kongres Amerika pada 11 Juni 2002.

Sejarah Telepon.

  • 1871 Antonio Meucci mematenkan penemuannya yang disebuty sound telegraph. Penemuan ini memungkinkan komunikasi atara dua orang dalam bentuk suara dengan perantaraan dua kabel. Tapi sayang paten yang diminta Meucci gagal karena kurang biaya.
  • 1875 perusahaan komunikasai the Bell memdapatkan hak paten atas penemuan yang disebut transmitters and receivers for electric telegraph.
  • 1876, perusahaan Bell mematenkan Inprovement in Telegraphy. Sistem ini memberikan mitode untuk mentrasmisikan suara secara telegraph.
  • 1877, The Charles Williams Shop, tempat dimana pertama kali telepon diuat dengan pengawasan dari Watson. Selanjutnay menjadi departemen R&D perusahaan telekomunikasi. Alexander Graham Bell memantau terus produksi perusahaan tersebut. Akhir tahun mencapai hasil produksi 300 telepon. Perusahaan Bell juga mematenkan electro-magnetic yag menggunakan magnit permanen, diafragma besi serta dering panggilan.
  • 1878, Papan pengganti secara manual ditemukan, sehingga memungkinkan banyak telepon terhubung melalui saluran pertukaran.
  • 1880, sirkuit metalic pertama dipasang, yag merupakan pembaharuan dari sirkuit one-wire ( satu kabel ) menjadi two-wire ( dua kabel ). Hal ini akan mengurangi gangguan yang terjadi pada saat menggunakan jalur one-wire.
  • 1891, ditemukan telepon dengan nomor dial. Telepon akan bekerja secara otomatis, menghubungkan penelepon ke operator, dengan cara menekan nomor dial berdasarkan instruksi.
  • 1915, telepon dengan sistim wireless ( tanpa kabel ) ditemukan. Yang memungkinkan kita berhubungan antar lintas negara.

Penemuan telepon telah membuat komunikasi dunia tanpa jarak. Antonio Meucci dan Alexander Graham Bell sangat berjasa dalam hal ini.

Oleh. Didik Suwitohadi.
19-03-2010
Referensi..
Wikipedia
http://inventors.about.com
 
4 Komentar

Ditulis oleh pada 24 Maret 2010 in Penemu dan Temuannya

 

Tag: ,

4 responses to “Alexander Graham Bell- Antonio Meucci dan Telepon

  1. kristin

    31 Juli 2010 at 02:57

    alexander sangat berjasa sekali..

    di sini ak dapat menemukan PR(tugas) yang ak cari2.
    tapi,kurang lengkap karna tdk ada nama anak alexandra.

     
    • Didik Suwitohadi

      2 Agustus 2010 at 06:36

      Thank’s atas hadirnya di blog aku. Akan saya usahakan cari data tentang Graham Bell selengkapnya. Mudah mudahan segera dapat saya update artikel tersebut.

       
  2. Dicky Bayu Wibawa

    15 Oktober 2012 at 12:21

    Malah jadi bingung nih ???? spa sbenarnya yang berhak mendapat gelar Bapak Telephone Dunia ??? Graham Bell atau Meucci ???

     
    • Didik Suwitohadi

      15 Oktober 2012 at 22:21

      Kalau menurut catatan sejarah sih penemu pertama kalinya seharusnya Meucci.

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: