RSS

Yuri Gagarin, manusia pertama diluar angkasa.

05 Apr

Yuri Gagarin lahir 9 Maret 1934 dan meninggal 27 Maret 1968. Ia dilahirkan disebuah desa, Khlusino dekat Gzhatsk (sekarang masuk diwilayah Propensi Smolensk Oblast, Rusia ). Ayahnya bernama Alexey Ivanovich Gagarin, dan Ibunya bernama Timofeyevna Gagarina,

bekerja pada sebuah pertanian bersama.


Yuri Gagarin adalah kosmonot ( Austronot ) Uni soviet. Seorang pahlawan bagi rakyat Soviet. Orang pertama di dunia yang menjelajah dan tinggal di ruang angkasa, 12 April 1961. Prestasi inilah yang membuat Presiden AS. J.F Kenedy, terobsesi untuk mendaratkan austronot AS di bulan.

Yuri anak ketiga dari tiga bersaudara, kakak perempuan tertuanya yang mengasuh dia pada saat kedua orang tuanya pergi bekerja. Seperti warga uni soviet lainnya kala itu, mereka sangat menderita saat pendudukan tentara Nazi jerman, pada perang dunia ke dua. Tahun 1943 dua saudaranya dikirim ke jerman untuk menjadi budak di sana, dan tak pernah kembali lagi sampai berakhirnya perang dunia ke dua.

Saat muda Yuri sangat tertarik tentang ruang angkasa serta planet-planetnya.. Dia mulai bermimpi untuk suatu hari nanti, dia bisa melakukan perjalanan ke ruang angkasa. Yuri dibimbing oleh gurunya, diarahkan menjadi anak yang cerdas dan pekerja keras, disebuah kota satelit Lyubertsy, Moskow. Guru matematika dan ilmu pengetahuanya adalah seorang penerbang di angkatan perang Uni Soviet. Dari sanalah Yuri mulai tertarik akan penerbangan.

Saat dia belajar di sekolah menengah tehnik di Saratov, dia bergabung kelompok olahraga dirgantara, “ Aero Club “. Dia berlatih dengan pesawat ringan, Yark-18. Waktu luangnya lebih banyak dihabiskan untuk hobi terbangnya.. Sesuadah lulus dari sekolah menengah tehnik, tahun 1955, ia masuk sekolah pilot di Orenburg, sebuah pelatihan milik militer. Tahun 1957 dia menikah dengan Valentina Goryacheva, setelah mendapatkan Wing penerbang untuk pesawat MiG-15, lulus dari akademi penerbang militer. Setelah menyelesaikan pendidikan tingginya, hingga lulus sebagai sarjana, Yuri bekerja di Luostari Airbase di Murmansk Oblast, dekat perbatasan Norwegia. Yuri adalah pilot dengan tinggi badan hanya 1,57 meter. Karena tinggi badannya tidak setinggi rata-rata orang eropah, dia jadi lebih punya kesempatan untuk duduk di cokpit pesawat Vostok, sebab kocpit pesawat Vostok kecil. 5 November 1957 dia menjadi letnan penerbang di Angkatan udara Soviet, 6 November 1959 dia masuk dalam golongan senior letnan penerbang.

Tahun 1960, diantara 19 orang, Yuri lolos seleksi masuk dalam program luar angkasa Soviet.Pada akhirnya dia bersama dengan Gherman Titov lolos sebagai kandidat kosmonot luar angkasa. Secara fisik dan kemampuan selama trainning sangat baik

12 April 1961 Yuri Gagarin menjadi orang pertama didunia melakukan perjalanan ke runag angkasa, meluncur didalam pesawat Vostok3KA-3 ( Vostok-1 ). Selama dalam perjalanan penerbangan ke ruang angkasa, Yuri bersiul dengan lagu “ The Motherland Hears, The motherland Knows “. Lirik lagu pada dua baris pertama adalah : “ The Motherland Hears, The motherland Knows / Where her son flies in the sky “. Lagu pratiotik yang di tulis oleh Dmitri Shostakovish di tahun 1951, liriknya ditulis oleh Yevgenity Dolmatovsky. Yuri berada di orbit bumi selama 1 jam 48 menit. Misinya berakhir pada 10.55 AM setempat, dan mendarat dengan selamat didaerah dekat Saratov.

Setelah penerbangannya ke luar angkasa, Yuri Gagarin menjadi pahlawan bagi rakyat soviet, menjadi orang terkenal, layaknya selebrity. Dia melakukan perjalanan ke negara negara lain, ke Itali, Inggris, Jerman, Kanada dan Jepang. Mempromosikan pencapaian negaranya dalam ilmu pengetahuan luar angkasa, dan tentu saja tentang perjalanan serta saat dia tinggal di luar angkasa.

1962, diangkat sebagai deputy pimpinan tertinggi soviet saat itu. Tapi kemudian dia kembali ke Star City, tempat fasilitas para kosmonot. Disana dia bekerja selama 7 tahun, merancang pesawat luar angkasa. Menjadi letnan kolonel di angkatan udara soviet pada 12 juni 1962. Pada 6 november 1963 pangkatnya naik menjadi kolonel. Para pimpinan soviet sedapat mungkin menghindarkan dia dari tugas penerbangan, mereka kawatir atas keselamatan pahlawan mereka.

27 Maret 1968, seperti biasa secara rutin dia berlatih terbang bersama pelatih terbang Vladimir Seryogin ( Seregin ), dari lapangan terbang Chkalovsky dengan pesawat MiG-15UTI. Terjadi kecelakaan udara dekat kota Kirzhach. Terjadi banyak perdebatan dan dugaan atas kecelakaan itu, dan tidak dapat terpecakan. 12 April 2007. pemerintah menutup kasus tersebut. Potongan potongan pesawat MiG-15UTI dikumpulkan dan disimpan rapat-rapat. Yuri Gagarin bersama Vladimir Seryogin dikuburkan di dinding lapangan merah Kremlin.

Untuk memperingati 20 tahun dan 30 tahun penerbangannya, Yuri diabadikan dalam bentuk Coin ( koin ). Coin seharga 1 rubel tahun 1981 dari bahan cooper-nickel ( mata uang soviet ialah Rubel ), dan coin seharga 3 rubel bahan perak / silver di tahun 1991. Pada tahun 2001, untuk peringatan ke 40 tahun ( 40th anniversary of Gagarin’s fligth ), diciptakan coin empat seri coin, coin 2 rubel terbuat dari cooper-nickel, coin 3 rubel terbuat dari silver, coin 10 rubel terbuat dari brass-cooper-nickel dan coin 100 rubel terbuat dari silver.

Perlu diketahui, atas permintaan istri Yuri kepada astronout Amerika, untuk membawa satu medali dari Yuri Gagarin dan ditinggalkan di Bulan oleh Neil Amstrong dan Edwin Aldrin, untuk menghormati dia sebagai orang pertama di angkasa luar.

Bangsa yan pertama kali bisa mencapai dan tinggal di luar angkasa adalah bangsa Uni soviet ( Rusia ), yang sekarang negara itu sudah terpecah. Eks wilayah soviet terbesar adalah Rusia.

Oleh. Didik Suwitohadi

24-03-2010
Refer.
Wikipedia
http://www.answers.com
Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 5 April 2010 in Tokoh

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: