RSS

Nikola Tesla, penemu Motor Listrik AC ( Alternating Current ).

20 Apr

Terlahir dari etnis Serbia, pada 28 Juni 1856, disebuah desa Smiljan, Kroasia. Ayahnya, Milutin Tesla, seorang pendeta dari Gereja Ortodox. Ibunya bernama Duka, saudara dari seorang pendeta gereja ortodox juga. Nikola asalah anak ke empat dari lima bersaudara. Satu laki laki bernama Dane dan 3 perempuan bernama Milka, Angelina, Marica. Tahun 1862, sekelurga pindah ke Gospic


Tesla belajar tentang kelistrikan di politeknik Austria., di Graze, tahun 1875. Ia belajar tentang arus bolak balik ( AC; Altenative Current ). Tapi menurut informasi dari universitasnya, dia tidak meneruskan belajarnya, dia keluar pada semester pertama pada tahun ke tiga.

Desember 1878, dia memutuskan pindah ke Graz, dan pada saat itu dia putus hubungan dengan keluarganya. Seorang temannya mengabarkan kalau dia menghilang di Mura. Kenyataanya dia pergi ke Maribor ( sekarang bernama Slovenia ). Disana untuk pertama kaliya dia bekerja menjadi asisten tehnik untuk satu tahun. Pada maa-masa itu dirinya merasa menderita dan gelisah, pikirannya kacau. 1880 mengikuti saran ayahnya untuk belajar di Charles -Ferdinand University, Praha. Sampai akhirnya sang ayah meninggal dia sudah menyelesaikan semua mata pelajaran disana, hanya atu mata pelajaran yang tidak tuntas dia pelajari.

Tahun 1880 dia pindah ke Budapest, bekeja di sebuah perusahaan telegrap, National Telephone Company, dan bertemu dengan seorang pemuda, Nebojša Petrović, seorang penemu keturunan Serbia, yang tinggal di Autria. Mereka bekerja sama membuat projek , menciptakan sebuah tenaga yang bisa bekerja secara terus menerus. Mereka menggunakan sebuah mesin turbin ganda.

Saat pembukaan kantor sentral telepone di Budapest tahun 1881, Tesla menjadi kepala bagian kelistrikan di perusahaan itu. Dan pada akhirnya diangkat sebagai engineer sistim telepon perkotaan, merupakan sistim telepon perkotaan pertama kalinya. Disamping itu dia terus mengembangkan sistim telephone repeater atau Amplifier. Dan menurut para penulis sejarah, kemungkinan penemuan Tesla tersebut adalah penemuan Loudspeaker untuk pertama kalinya.

Tahun 1882 dia pindah ke Paris dan bekerja sebagai engineer di Contionental Edison Company, tugasnya mendesain peralatan elecric yang mampu melintas benua, adalah sebuah ide dari Edison. Pada tahun itu dia mulai mengerti tentang motor induksi dan mulai mengembangkan beberapa variasi, dengan sistim putaran bidang magnetik ( Rotating Maghnetic Fields ),dan mendapatkan hak patentnya pada tahun 1888. Pada tahun itu juga ia mendengar kabar kalau Ibunya meninggal, hal tersebut adalah goncangan terberat baginya,. mengakibatkan dia jatuh sakit. Selama 2-3 minggu. Dia menjalani penyembuhan di Gospic dan sebuah desa Tomingaj dekat Gracac, tempat dimana Ibunya dilahirkan

16 juni 1894, Tesla tiba di New York, Amerika. Dengan berbekal surat rekomendai dari kepala pekerja, Charles Batchelor, surat itu ditujukan ke Thomas Alva Edison. Isi surat tersebut adalah sbb : ” Saya kenal dua orang hebat, satu kamu dan salah satunya lagi adalah pemuda ini ( I know two great men and you are one of them; the other is this young man.)“. Edison merekrut Tesla, dan bergabung di Edison Machine Work. Tesla diberi tugas untuk menyelessaian kesulitan – kesulitan kecil tentang kelistrikan, sampai penyelesaian masalah yang berskala besar. Tesla pernah ditawari perusahaan Edison untuk mendesain ulang generator arus searah ( Direct current generator ) milik perusahaan itu. Tapi karena pendapatan yang tidak memuaskannya dari perusahaan Edison, akhirnya dia keluar dari perusahaan itu.

Tahun 1886 Tesla membentuk perusahaan sendiri, bernama Tesla Electric Light and Manufacturing. Tapi para investornya tidak setuju kalau dia meneruskan projek Alternating Current motor, pada akhirnya dia dibebas tugaskan dari perusahaan itu secepatnya.

Tahun 1888, dia menandatangi kontrak, setelah dia berhasil mendemontrasikan kerja motor induksi arus bolak balik ( Alternating Current Induction motor ) didepan American Institute of Electrical Engineers ( sekarang IEEE ). Pada tahun yang sama dia mengembangkan salah satu temuannya, yang dia namakan Prinsip Tesla Coil. Dan mulai bekerja sama dengan George Westinghouse, pemilik Westinghaouse Electric and Manufacturing Company,s, di Pittsburgh Labs.

April 1887, Tesla mulai melakukan penyelidikan dengan apa yang dinamakan orang, X-rays ( sinar X ). Dia menggunakan terminal tunggal vacuum tube.Dia berhasil mengetahui, sinar itu merupakan pancaran electron dari electroda tunggal merupakan kombinasi dari Field Electron Emission ( pancaran bidang electron ) dan Thermionic Emission ( pancaran termionis ). Electron tersebut dilepaskan dengan seketika dengan sangat kuat dengan menggunakan bidang electric berkuatan tinggi didekat electrode selama posisi puncak Voltase negatip dari HV output Tesla Coil. Untuk membangkitkan X-rays, dengan cara menabrakannya pada sebuah sungkup kaca ( glass envelope ). Dia juga menggunakan tube Geissler. Di tahun 1892 Tesla menyadari, sinar tersebut bisa merusak kulit, dari hasil penyelidikan Wilhelm Rongent, sebagai dampak atas penggunaan sinar X tersebut.

30 Juli 1891, Tesla resmi menjadi warga negara Amerika, di umur 35 tahun. Tesla mendirikan Laboratoriumnya di 35 South Fifth Avenue, New York ditahun yang sama. Kemudian dia mendirikan Laboratorium lagi “ Houton Street Laboratory” di Houston street 46 E di New York pula. Tesla menjadi Vice President American Institute of Electrical Engineers. Dari tahun 1893 sampai tahun 1895 dia melakukan penelitian elektrik arus bolak balik frekwensi tinggi. Berhasil menghasilkan listrik arus bolak balik sejuta volt, dengan menggunakan peralatannya, Tesla Coil yang berbentuk kerucut. Serta melakukan penelitian efeknya terhadap kulit. Mendesain circuite putar, menemukan mesin penyebab tidur, cordless gas discharge lamps, transmiter dengan energi electromagnetic tanpa kabel. Tahun 1893 dia mendemontrasikan tentang radio komunikasi di St. Louis, Missouri.

Tahun 1912 dan 1915, Tesla dicalonkan sebagai salah satu penerima hadiah Nobel. 1917 dia menetapkan prinsip sistim radar, merupakan radar yang masih sangat primitip waktu itu. Tahun 1934, Emile Girardeau, bekerja dengan sistim radar milik Perancis, merupakan radar pertama di dunia. Dia menyatakan, radar tersebut dibangun berdasarkan prinsip-prinsip radar Tesla.

Pada tahu 1931 pada ulang tahunya yang ke 75, majalah TIME memuat dirinya sebagai cover majalah, dengan titel pada cover majalah ditulis tentang sumbangsi Tesla terhadap generasi kelistrikan.

Tahun 1936 dia menulis telegram kepada Vladco Macek, ( politisi dan pemimpin partai berpengaruh saat itu di Croasia ) isi telegramnya “ Saya bangga sebagai seorang Serbia dan tanah kelahiranku Croasia. Sejahtera untuk Yugoslavia ! ( I’m equally proud of my Serbian origin and my Croatian homeland. Long live all Yugoslavs ) “.

Pada umur 41 tahun, Tesla mengajukan hak patent untuk “Radio”, merupakan hak patent pertama untuk Radio ( U.S patent 645,576 ). Setahun kemudian dia mendemontrasikan radio control boat dihadapan militer Amerika. Yang dimaksud radio control disini adalah remot control mobil mainan atau lainnya dimasa kini. Tahun 1898, dia medemonstrasikan radio control boat ( kapal boat kecil, mainan ) dihadapan publik pada pameran kelistrikan di Madison Square Garden. Tesla menamakan temuannya itu dengan nama “ Teleautomaton”. Pada tahun yang sama Tesla berhasil menemukan “Electric Igniter” atau “Spark Plug” ( busi ). Dengan hak patent Amerika 609,250 “ Electrical Igniter for Gas Engines”.

Tahun 1899, dia pindah ke Colorado, tinggal di Colorado Spring, melakukan riset barunya tentang Telegrap tanpa kabel. ( wireless telegraphy ) Dia melakukan percobaan dari Pikes Peak ke Paris, bebrapa eksperiment radio komunikasi lainnya. 7 Januari 1900, Tesla meninggalkan Colorado. Labnya dia jual untuk bayar hutang. Hasil percobaan-percobaan di Colorado adalah untuk pengembangan projek berikutnya.

Dengan tambahan modal dari J. Pierpont Morgan, Tesla merencanakan membangun Lab. Wardenclyffe Tower tahun 1900, tapi pada 1902 ia memindah lab-nya dari Houston Street ke Wardenclyffe. Pada ulang tahunnya yang ke 50 di tahun 1909, Tesla mendemonstrasikan turbin ciptaannya ( bladeless turbin ) berkekuatan 200HP (150 Kw ) dengan putaran 16.000 rpm. Selama tahun 1910-1911, ia melakukan percobaan turbinya di Waterside Power Station, New York. Turbin-turbin yang dilakukan tes disana berkeuatan antara 100 – 5000 Hp.

Pada umur 81 tahun dia menyelesaian sebuah buku berjudul “ dynamic theory of gravity”, tapi buku itu tak pernah dipublikasikan. Tesla meninggal karena penyakit gagal hati ( heart failure ), sendirian di kamar hotel no.3327, New Yorker Hotel. 7 januari1943, disamping telah menjual hak patennya atas temuannya, listrik arus bolak-balik ( AC electricity patent ), Tesla meninggal dengan meninggalkan banyak hutang. Dan semua berkas-berkas temuan Tesla disita oleh pemerintah Amerika serikat.

Tesla adalah salah satu ahli listrik terbaik di Amerika. Sangat berjasa dalam perkembangan tehnologi kelistrikan atau yang berhubungan dengan hal itu buat negara Amerika. Banyak sekali monumen dan patung maupun musium di bangun disana, terutama di New York.

Oleh. Didik Suwitohadi
16-04-2010

ref. Wikipedia

Iklan
 
4 Komentar

Ditulis oleh pada 20 April 2010 in Penemu dan Temuannya

 

Tag:

4 responses to “Nikola Tesla, penemu Motor Listrik AC ( Alternating Current ).

  1. ayuhan lukman hakim

    14 September 2011 at 19:06

    tesla adalah tutor bagi saya,karena ide-idenya menimbulkan minat lama saya yaitu experimen mengenai kelistrikan ac dan dc(

     
    • Dewacatur Rajapararaja

      31 Oktober 2011 at 16:21

      good..

       
      • Dewacatur Rajapararaja

        31 Oktober 2011 at 16:30

        saya amat kagum pada semua para ahli dan para penemu juga para ilmuwan terdahulu…. begitu besar jasa mereka kepada publik.. tiada jumlah terbilang untuk membayar semua jasa mereka kepada publik.. aku bangga pada mereka semua.. semoga jasa mereka selalu terkenang juga bermanfaat untuk kesejahteraan juga keterbaikan dalam kehidupan sepajang masa. do`a ku semoga mereka semua {para ahli,penemu,ilmuwan} mendapatkan kesejahteraan di kehidupan selanjutnya amin.

         
  2. Andi Oktovania

    23 November 2012 at 14:41

    Tesla adalah contoh yang baik untuk diikuti oleh para engineer Indonesia, dia memiliki kreativitas tinggi dan bermanfaat buat umat manusia, salut buat Tesla.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: