RSS

Guglielmo Marconi, penemu Radio

14 Des

Marconi

Guglielmo Marconi, lahir 25 April 1874, wafat di Roma, Italia pada 20 Juli 1937. Dia seorang penemu dari Italia yang terkenal dalam pengembangan sistim radio telegram. Bersama Karl Ferdinand Braun di tahun 1909 mendapat penghargaan Nobel dalam bidang fisika, penghargaan atas kontribusi mereka dalam bidang radio telegram nirkabel.

Marconi lahir di Bologna, anak ke dua dari Giuseppe Marconi, seorang tuan tanah. Ibunya seorang Irlandia protestan, Annie Jameson, cucu seorang pendiri perusahaan penyulingan whisky ( pembuat minuman keras, whisky ), Jameson and Son.

Marconi belajar Bologna di sebuah laboratorium dibawah bimbingan Augusto Righi, di Florence, pada Institut Cavalero, kemudian dia juga belajar di Livirno. Augusto Righi adalah seorang fisikawan dan pioner dalam bidang pembelajaran electromagnetic. Pada waktu kecil Marconi bukan anak yang cerdas di sekolah. Marconi dibaptis sebagai seorang Kristen Katolik, tapi, kemudian dia masuk gereja Anglikan saat dia menikah. Tapi dia tetap menerima Katolik.
Marconi mempunyai saudara kandung bernama Alfonso, dan saudara tiri bernama Luigi. Menikah dengan Beatrice O’Brien (1882–1976). Putri dari Edward Donough O’Brien, seorang keturunan Baron Inchiquin, Baron ke 14, Irlandia. Dari pernikahan ini, dia mempunyai 3 anak perempuan, Degna (1908–1998), Gioia (1916–1996), anak ke 3 hidup hanya beberapa minggu, dan satu anak laki laki bernama Giulio (1910–1971). Pernikahan ini tidak bisa bertahan, mereka bercerai di tahun 1924. Perceraiannya baru disahkan di tahun 1927.

15 juni 1927, Marconi menikah lagi dengan Maria Cristina Bezzi-Scali (1900–1994). Mempunyai anak bernama Maria Elettra Elena Anna Marconi, lahir 1930. Marconi mendirikan perusahaan telegram nirkabel bernama The Wireless Telegraph & Signal Company di tahun 1897. Dalam pesta pernikahannya, diktator Fasis Benito Mussolini menjulukinya the best man

Awal percobaannya.

Pada awalnya Marconi tertarik pada bidang kelistrikan. Pengembangan ilmu pengetahuan selama era itu datang dari seorang bernama Heinrich Hertz, yang ia mulai ditahun 1888, dia mendemontrasikan, bahwa orang dapat menghasilkan dan mendeteksi medan radiasi elektromagnit. Yang sekarang dikenal dengan nama gelombang radio. Gelombang yang tak tampak oleh mata, bergerak melaui udara dengan kecepatan suara. Pada waktu itu lebih dikenal dengan nama gelombang Hertizian ( Hertizian waves / hertz waves, dari sinilah kemudian satuan gelombang dinamakan HERTZ ), atau Aetheric gelombang. Hertz meninggal tahun 1894. Hasil karyanya di terbitkan juga pada tahun tersebut. Hasil karya hertz tersebut menarik perhatian Marconi.

Ia mendapatkan ijin dari Augusto Righi, dari universitas Bologna, seorang fisikawan tetangga Marconi, untuk mempelajari dan melakukan riset karya Hertz tersebut.
Righi mempunyai catatatan lengkap daftar sejumlah peralatan telegram nirkabel yang pernah didemontrasikan ke publik di tahun 1894, oleh Oliver Lodge.
Marconi mulai melakukan percobaan. Membuat sendiri segala peralatan di loteng rumahnya, di Villa Griffone, Pontecchio, Itali. Targetnya, membuat sistim gelombang telegram tanpa kabel, hanya melalui sinyal gelombang. Sebenarnya ide itu bukanlah ide yang baru. Sudah banyak peneliti selama 50 tahun berusaha menjelajah tehnologi telegram tanpa kabel, tapi tak satupun yang mengalami sukses secara komersial. Belum ada yang berhasil secara memuaskan.
Marconi juga tidak melakukan atau menemukan apapun dalam hal telegram tersebut, ia hanya mengumpulkan, meng-adaptasinya, meningkatkan serta memperkuat komponen komponen tersebut, kemudian disesuaikan sistimnya. Menurut risalah catatan dari institute angkatan laut Amerika, sebenarnya peralatan yang dibuat Marconi bukanlah sesuatu yang baru, tetapi Marconi melakukan sesuatu pada peralatan tersebut, semuanya dia buat baru, dan memperbaikinya. Marconi melanjutkan penemuan lama dan membuatnya bisa bekerja dengan perbaikan perbaikan baru. Komponen pada sistim Marconi, sebagai berikut :

  • Sebuah Oscillator sederhana, atau semacam alat yang mengeluarkan percikan pemancar gelombang radio. Model ini sangat mirip dengan yang telah dibuat Righi, dan sama miripnya dengan yang telah digunakan Hertz, pada masanya.
  • Sebuah kawat yang ditempatkan didaerah ketinggian, diatas tanah.
  • Sebuah coherer penerima, merupakan hasil modifikasi dari buatan Edouard Branly, yang ditingkatkan sensitivitasnya serta kehandalannya.
  • Sebuah tombol telegrap, untuk mengoperasikan pemancar, mengirim pulsa pendek maupun panjang, sesuai dengan kode – kode morse, yang berupa titik dan garis strip.
  • Sebuah register telegram yang diaktifkan oleh coherer, dimana ia mencatat kode morse dalam bentuk titik maupun garis strip dalam sebuah gulungan kertas ( pita kertas )

Cara atau konfigurasi yang sama telah dicoba oleh orang lain, tapi banyak yang tidak berhasil pada saat dibutuhkan pada jarak transmisi lebih dari beberapa ratus meter. Artinya untuk jarak yang lebih jauh beberapa ratus meter telegram tidak berhasil sampai.

Pada mulanya Marconi mendapatkan sinyal hanya pada jarak yang terbatas. Pada musim panas di tahun 1895, ia melakuan percobaannya tidak didalam rumah, tapi pindah diluar rumah. Setelah memperpannjang antene transmitter ( pengirim ) dan receiver ( penerima ), dan mengarahkannya dalam arah vertikal, serta posisi antene menyentuh tanah. Hasilnya, sinyal bertambah kuat secara siknifikan.
Berikutnya, ia mampu mengirim sinyal pada sebuah bukit yang berjarak sekitar 1,5 km. Berdasarkan kondisi terakhir ini, dia menyimpulkan, bahwa dengan tambahan dana dan riset lagi, maka perangkat tersebut akan mampu mencakup jarak lebih jauh lagi. Akan berguna bagi kepentingan komersial maupun militer.

Diawal tahun 1896, pada umur ke 21 tahun, Marconi melakukan perjalanan ke London, Inggris, bersama dengan ibunya untuk mencari sponsor atau dukungan atas hasil kerjanya, karena di Itali kurang mendapatkan perhatian masarakat atas apa yang dia lakukan. Marconi lancar berbahasa Inggris disamping bahasa Itali. Di London dia mendapatkan dukungan dari William Preece, seorang Chief Electrical Engineer dari Kantor pos Inggris. Satu tahun setelah itu, ia mendapatkan hak paten pertamanya, untuk sistim telegraf nirkabel. Dia men-demonstrasikan sistimnya, mengirimkan berita dengan kode morse, dan berhasil, di London, Salisbury plain, menyeberang selat Bristol. Untuk pertama kalinya Marconi menggunakan sinyal komunikasi melalui laut, 13 Mei 1897. Sinyal ditranfer di daerah Kanal Bristol ( daerah teluk ) dari Lavernock Point ( (South Wales ) ke pulau Falt Holm, yang berjarak sekitar 6 km ( 3,7 mil ).

Terkesan dengan demonstrasi yang dilakukan Marconi, Preece memperkenalkannya pada publik, pada dua kuliah penting di London ,“Telegram tanpa kabel “, di Toybee Hall pada 11 Desember 1896, dan “ Sinyal melewati ruang angkasa tanpa kabel “, di Royal Intitution ( lembaga Royal ) pada 4 Juni 1897. Dan banyak lagi demonstrasi di lakukan di hari hari kemudian. Marconi mulai mendapatkan perhatian publik internasional.

1897, membentuk sebuah perusahaan bernama Wireless Telegraph & Signal Company Limited ( pada tahun 1900 berganti nama, Marconi’s Wireless Telegraph Company Limited ).

6 Juli 1898, Marconi melakukan serangkaian tes di La Spezia, Itali. Tes untuk Lloyd dari Ballycastel ke pulau Rathlin, Irlandia. Tes berikutnya, menyebrang kanal Inggris dilakukan 27 Maret 1899, dari Wimereux di Perancis, ke South Foreland Lighthouse, Inggris. Dan pada musim gugur 1899, demonstrasi untuk pertama kalinya bagi Amerika serikat, pada pelaporan piala Amerika untuk perlombaan kapal layar ( yacht ) di New York. Marconi berlayar menuju Amerika, menghadiri undangan dari sebuah surat kabar New York Herald, yang saat itu juga sedang meliput perlombaan perahu layar memperebutkan piala Amerika. Peralatan transmisi tersebut juga dilakukan percobaan di kapal SS Ponce, sebuah kapal penumpang, Porto Rico Line.
1899, mendirikan menara komunikasi nirkabel, untuk keperluan komunikasi antara Perancis dan Inggris, di selat Inggris. Dia mendirikan stasiun nirkabel tetap di The Needles, Isle of Wight, di Bournemouth, dan kemudian di Hotel Haven, Poole, Dorset.

Marconi meninggalkan Amerika, kembali ke Inggris dengan kapal berbendera Amerika, American line’s SS St. Paul, pada tanggal 8 November 1899. Selama perjalanan kembali ke Inggris, diatas kapal, Marconi bersama asistennya memasang peralatannya tersebut. Pada tanggal 15 November 1899, kapal St. Paul adalah kapal laut pertama yang melaporkan akan kedatangannya dengan telegrap nirkable, yang dilakukan pada jarak 66 mil dari titik stasiun kontaknya, dilepas pantai Inggris.

Transmisi antar benua.

Marconi mulai melakukan risetnya, bagaimana sinyal telegrap bisa melintasi benua. Ia ingin membuktikan, bahwa gelombang nirkabel tidak dipengaruhi oleh lengkung bumi. Tanggal 12 Desember 1901, ia mendirikan stasiun pemancar, Marconi House, Rosslare Strand Co. Wexford di tahun 1901, sebagai pemancar penghubung antara Poldhu di Cornwall dan Clifden, di Co Galway. Dengan didukung antene layang layang setinggi 152,4 mtr ( 500 ft ), sebagai antene penerima, pesannya bisa diterima di Signal Hill, St Johns’s, New Foundland ( sekarang adalah bagian dari Canada ). Sinyal dikirimkan oleh perusahan baru, dengan stasiun berdaya tinggi di Poldhu, Cornwall. Jarak antara dua titik tersebut, sepanjang 3500 km ( 2200 mil ). Darisanalah dia mendapatkan hak patennya yang terkenal no.7777 ( th.1900) , “tuned and syntonic telegraphy”. Berita tersebut tersebar sebagai penemuan ilmiah terbesar ditahun itu.

Berita keberhasilan percobaan Marconi diterima dengan rasa skeptis oleh beberapa pihak, pasalnya kode morse telegrap dikirim berulang kali, dan ada hambatan untuk membedakan antara suara kode morse dengan kebisingan yang terjadi di atmosfir. Merasa tertantang dengan keadaan seperti itu, Marconi segera mempersiapkan, mengorganisasikan dengan lebih baik, dengan mendokumentasikan hasil tesnya.
Februari 1902, ia berlayar dari Inggris ke barat bersama dengan kapal SS Philadelphia. Selama diatas kapal tersebut, Marconi mencatat, merekam sinyal yang dikirim dari stasiun Poldhu. Pengujian itu menghasilkan, penerimaan sinyal coherer-tape hingga jarak 2496 km ( 1551 mil ), dan penerimaan sinyal audio hingga jarak 3378 km (2099 mil ). Jarak maksimum bisa di capai pada malam hari, tes ini menunjukan untuk pertama kalinya, gelombang sinyal medium dan sinyal gelombang panjang, transmisi gelombang tersebut lebih berhasil mencapai jarak panjang dan lebih jauh dimalam hari daripada siang hari. Pada siang hari sinyal hanya bisa mencapai sekita 1125 km (699 mil ), kurang dari jarak yang telah dia klaim sebelumnya di New Foundland, dimana transmisi juga terjadi disiang hari. Karena itu, Marconi tidak menegaskan secara penuh klaim di Foundlan. Meskipun dia bisa membuktikan, bahwa sinyal radio bisa dikirim ratusan kilometer menyeberang benua. Namun para ilmuwan pada umumnya menyatakan, pada dasarnya masih terbatas pada jarak line-of sight ( garis sinyal ).
Radio pemancar Marconi merupakan radio pemancar pertama yang berhasil menyampaikan pesan telegram nirkable menyeberang benua, dari Amerika utara. 17 Desember 1902, stasiun pemancar Marconi di Glace bay, Nova Scotia, Canada, mengirimkan pesat pertamanya lengkap untuk Poldhu, dan kemudian ke Cape Cod, Massachusett. Tes tes awal terus dilakukan di tahun 1907, dalam pembukaan layanan komersial transantlantik pertama antara Glace bay dan Clifden, Irlandia. Setelah didirikan pelayanan publik dengan jarak yang lebih pendek, maka didirikan pelayanan publik selanjutnya, antara Bari di Itali dan Avidari di Montenegro.

Antara tahun 1902 sampai 1912, ia mematenkan beberapa penemuan barunya. Pada tahun 1902, selama perjalanannya di sebuah kapal Amerika, Philadelphia, untuk pertama kalinya ia menunjukan efek siang hari ( daylight effect ) relativ terhadap sinyal komunikasi nirkabel. Pada tahun yang sama ia patenkan detektor magnetik, yang kemudian menjadi penerima sinyal nirkabel standart selama ber-tahun tahun.
Tahun 1905 ia patenkan apa yang dinamakan “ horizontal directional aerial” ( sebuah peralatan udarah arah horisontal ). Tahun 1912, sebuah alat yang disebut “ timed spark ” sistim, untuk menghasilkan gelombang yang terus menerus.

18 Januari 1903, sebuah stasium dibangun lagi di dekat Wellfleet selatan, Massachusetts. Dan mengirimkan pesan salam dari Presiden Amerika, Theodore Roosevelt kepada Raja Edward VII di Inggris. Sebuah sejarah, untuk pertama kalinya Amerika menggunakan radio transmisi antar benua. Stasiun ini juga merupakan stasiun pertama yang menerima pesan sinyal bahaya, yang datang dari kapal laut RMS Titanic, yang terkenal itu. Namun sinyal yang dihasilkan untuk telegrap nirkabel antar benua, masih sulit untuk stabil.

Marconi mulai membangun lagi sebuah stasiun dengan kekuatan tinggi, di kedua sisi benua, untuk bisa berkomunikasi dengan kapal dilaut. Ia sedang berlomba dengan penemu lainnya. Tahun 1904, dibangun stasiun layanan publik, untuk mengirimkan ringkasan berita malam untuk kapal, berita itu mereka masukan pada suratkabar kapal. Regulasi ( peraturan ) radio telegrap antar benua pada akhirnya diberlakukan pada 17 Oktober 1907, namun perusahaan masih harus berjuang bertahun tahun untuk menyediakan peralatan komunikasi yang lebih handal.

Setelah pengadiannya dalam militer, saat perang di Itali, ia kembali melakukan penyelidikan tentang gelombang pendek, yang telah digunakan dalam percobaan pertama. Setelah pemeriksaan lebih lanjut oleh teman temannya yang ada di Inggris, sebuah percobaan dilakukan secara intensiv pada tahun 1923, antara instalasi eksperimen di stasiun Poldhu dan di Yacth-nya”Electra” ( kapal layar Marconi bernama Electra), berlayar di Atlantik dan Mediterania. Ini dilakukan untuk membuat berkas data untuk komunikasi jarak jauh. Proposal ini dipergunakan untuk sarana komunikasi kekaisaran, dan diterima oleh pemerintah Inggris. Stasiun pertama yang menghubungkan Inggris dan Canada, dibuka pada tahun 1926. Stasiun stasiun tambahan dibangun pada tahun tahun berikutnya.

Tahun 1931, Marconi mulai melakukan risetnya tentang karakteristik propagasi, masih dalam jajaran gelombang pendek. Hasilnya, tahun 1932 dibuka untuk pertama kalinya di dunia, radio telepon gelombang micro, menghubungkan antara kota Vatikan dan kediaman Paus di musim panas, dia Castel Gandolfo. Dua tahun kemudian, di Setri Levanti, dia mendemontrasikan radio microwave mercusuar ( menara navigasi kapal laut ), pada tahun 1935.

1922, di Itali, dia mendemontrasikan prinsip prinsip radar. Pada waktu kemudian, ia datang ke amerika memberikan kuliah tentang peralatan yang di ramalkan itu, di American Institute of Radio Engineer, di New York.

Sengketa hak paten.

Seperti yang sudah disampaikan diatas, bahwa Marconi bekerja atas dasar penemuan dari ilmuwan lain. Peralatan dua circuit, pemancar ( Spark gap transmiter ) dan penerima coherer ( cohere receiver ), sangat umum dipakai oleh para penemu lainnya dalam percobaan percobaan mereka. Terutama yang digunakan oleh Oliver Lodge dalam rangkaian demonstrasinya, yang diberitakan secara luas di tahun 1894. Namun Marconi berhasil memperkuat sinyal, sehingga menghasilkan jarak capaian sinyal lebih jauh daripada percobaan orang lain, saat menggunakan dua peralatannya, yakni kombinasi peralatan pengirim, spark gap dan peralatan penerima coherer. Namun itu semua masih dalam perdebatan para ilmuwan, terutama oleh Nikolai Tesla ( penemu motor listrik ). Karena Tesla rupanya saat itu juga sedang melakukan percobaan percobaan gelombang radio.

Tahun 1900, Alexander Stepanovich Popov menyatakan didepan kongres ahli kelistrikan di Rusia “ ...emisi dan penerimaan sinyal oleh Marconi dengan mitode oscilasi electric, bukanlah hal baru. Di Amerika seorang ahli tehnik terkemuka Nikolai Tesla, sudah melakukan percobaan seperti itu di tahun 1893 “.

Rezim Fasis di ITALI, mencatat Marconi sebagai orang pertama dalam pengembangan gelombang radio. Kontroversi terjadi, untuk menentukan hak paten atas nama Marconi. Pertanyaannya, apakah kontribusi Marconi dianggap cukup dalam pengembangan penemuan tersebut, karena penemuan tersebut amat dekat dengan penemuan para penemu lainnya, seperti Hertz, Popov, Branley, Tesla dan Lodge. Namun perlu dicatat, yang membuat penemuan tersebut bekerja lebih baik dan lebih berkualitas adalah hasil kerja Marconi.

Marconi mengajukan hak paten atas telegrap radio nirkabel dengan desain yang lebih canggih, dengan membuat 4 cirduit . Dua circuit antene transmiter dan 2 circuit pada antene penerima. Hak paten dikeluarkan oleh Inggris, dengan nomor paten 7777, pada 26 April 1900. Namun paten ini menjadi masalah, karena sebelumnya ada hal serupa yang dilakukan oleh Nikolai Tesla dan Oliver Lodge. Paten ini menjadi masalah bagi perusahaan Marconi, karena banyak pihak yang berusaha menggugat. Untuk keperluan itu, perusahaan Marconi pada tahun 1911 membeli asset utama dari sindikasi perusahaan lodge, Lodge Muirhead. Semua asset peralatan yang pernah dilakukan percobaan pada tahun 1897 oleh lodge. Namun pengadilan di tahun 1911, memutuskan, bahwa perusahaan Marconi secara melawan hukum telah menggunakan asset tersebut tanpa hak. Dilakukan pembatalan paten. Perjalanan panjang dimulai lagi untuk mendapatkan hak paten atas gelombang radio nirkabel tersebut.

Gugatan hak paten atas radio penemuan Marconi, diselesaikan di Amerika di tahun 1943. Pengadilan Amerika memutuskan, didasarkan karya sebelumnya oleh pihak lain, seperti Nikali Tesla, Oliver Lodge dan John Stone Batu, dari beberapa paten Marconi ( seperti US Patent 763, 772 ). Mahkama Agung Amerika memutuskan, semua hak paten Marconi yang telah tergugat dikembalikan lagi pada pihak Marconi. Termasuk paten yang diperoleh dari Inggris yang dipermasalahkan. Karena Marconi dianggap telah memajukan kualitas radio pemancar tersebut sehingga berguna bagi banyak orang.
Pengadilan juga menyatakan :
“It is well established that as between two inventors priority of invention will be awarded to the one who by satisfying proof can show that he first conceived of the invention .” Intinya menyatakan bahwa penemuan yang dilakukan dua orang, akan diberikan pengakuannya pada orang yang hasil kerjanya dapat dibuktikan paling memuaskan.

Perjalanan kehidupan Marconi.

Pada perang dunia 1. Tahun 1914, ia ditugaskan di angkatan darat Itali dengan pangkat Letnan yang kemudian dipromosikan menjadi Kapten. Tahun 1916 dipindah ke angkatan laut, masuk jajaran komandan AL. Tahun 1917, ia menjadi anggota dari misi Italia ke Amerika. Tahun 1919, diangkat sebagai wakil mutlak delegasi Italia dalam koferensi perdamaian di Paris

Tahun itu juga, Marconi menjadi Senator yang bergabung dengan para senator di senat Itali, mendapatkan gelar kehormatan ksatria salib Agung dari Royal Victorian Order . Tahun 1924 ia diangkat sebagai seorang Marquess oleh raja Victor Emmanuel 3.

Marconi bergabung dengan partai Fasis Itali di tahun 1923. Tahun 1930, diktator Itali Benito Mussolini menunjuk Marconi sebagai Presiden dari Royal Academy Itali, yang pada akhirnya membawa Marconi menjadi anggota dewan Fasis ( Fascist Grand Council ).

Marconi meninggal di Roma 20 Juli 1937 pada usia 63 tahun, setelah serangkain serangan jantung melandanya. Ia dimakamkan secara kenegaraan. Sebagai penghormatan padanya, seluruh stasiun radio di dunia menghentikan siarannya selama 2 menit.Tahun 1938 untuk mengingat dan untuk menghormatinya, rumah di Griffone Villa di Sasso Marconi, diberi nama Emilia – Rogmana, sebuah nama untuk menghormatinya.

Warisan – warisan Marconi.

Koleksi artefak penting Marconi dipamerkan oleh General Electric Company, plc (GEC), Inggris. Yang kemudian berganti nama menjadi Marconi plc dan Marconi Corporation plc.

Desember 2004 pameran koleksi yang lebih lengkap dari karya karya Marconi diadakan oleh Marconi Research Centre, di Great Baddow, Chelmsford, Essex Inggris. Dipersembahkan sebagai hadiah anak bangsa yang berbakat, oleh Peusahaan melalui Universitas Oxford. Koleksi tersebut berupa penghargaan dari BAFTA, artefak fisika, berkas berkas kertas kerja Marconi, buku buku, dokumen hak paten, dan banyak item lainnya. Artefak artefak tersebut saat ini tersimpan di musium sejarah ilmu pengetahuan, dan arsip arsip lainnya yang berupa kertas kertas yang mudah rusak disimpan di dekat Perpustakaan Bodleian. Rilis yang terbaru, berupa informasi melalui media internet, yang selama tiga tahun dikerjakan di Bodleian, bisa di akses secara online, katalog online ke arsip arsip Marconi ( Catalogue to the Marconi Arhives ) , dirilis pada November 2008.

Lirik lagu Ira Gershwin yang berjudul “ The All Laught “, berikut baris yang berbunyi “They told Marconi wireless was a phony ( kata mereka, Marconi nirkable adalah palsu ).”

Band Tesla mereferensikannya dalam lagu “Edison’s Medicine”, yang liriknya berbunyi : They’ll sell you on Marconi, familiar, but a phony.

Band Jefferson Starship, mereferensikannya dalam lagu “We built This City”. Liriknya berbunyi : Marconi plays the mamba, listen to the radio ( Marconi memainkan Mamba, mendengarkan radio ).

Tahun 1979, Dorothy Hewett memainkan lagu “ The Man from Mukinupin “. Lirik lagu itu meng-imajinasikan dia berkomunikasi dengan Marconi melalui kotak korek api. Liriknya : “Marconi the great one, speak to me!”, “Marconi, Marconi, must I kill ? ” dan “Marconi says I must not frighten the ladies… ( Marconi berkata, aku tidak boleh menakut nakuti para wanita )”.

Rig Bermuda yang dikembangkan oleh orang orang bermuda, menjadi berada dimana mana di seluruh dunia, di abad 20. Dalam bentuk seperti tiang tiang tinggi memanjang segitiga, megingatkan pada menara menara pemancar nirkabel Marconi. Maka rig rig yang dibangun itu dikenal juga sebagai rig Marconi.

Penghargaan atas nama Marconi.

Penghargaan dari Tsar Rusia, masuk dalam Ordo St. Anne.

Menerima gelar Doctor kehormatan dari beberapa Universitas dan banyak gelar kehormatan serta penghargaan lainnya dari dunia internasional.

1902, Raja Italia memberikan pangkat kehormatan sebagai Panglima Ordo St Maurice dan St Lazarus, dan diberikan kepadanya Salib Grand Orde Mahkota Italia.
1903, penghrgaan dari kota Roma, Chevalier of the Civil Order of Savoy.

1909, Menerima hadiah Nobel bidang Fisika bersama Karl Braun, dalam kontribusinya terhadap pengembangan radio.

1914, anugrah sebagai ksatria salib agung dari kerajaan Inggris

1918, Penghargaan dari Franklin Institute, berupa medali Franklin.

1919, Menerima anugrah medali militer, sebagai pengakuan atas jasanya dalam perang.

1924, anugrah dari raja Victoe Emmanuel 3, sebagai Marquess. Dia dipanggil sebagai Marchese Marconi ( sebuah anugrah semacam kebangsawanan ).

1977, namanya ditasbihkan di the National Broadcasters Hall of Fame.

2001, pada perayaan peringatannya ke 100, memperingatinya sebagai penemu radio komunikasi nirkabel, Inggris merilis koin dengan nilai 2 pon.

2009, namanya ditasbihkan di New Jersey Hall of Fame oleh kelompok Radio Hall of Fame, Museum of Broadcast Communications , Chicago.

2009, koin perak bernilai 5 euro, dirilis oleh pemerintah Itali, menghormati 100 tahun atas hadia nobel yang diterima.

Karena penemuan Marconi, kita bisa mendengarkan siaran radio setiap hari. Seandainnya radio tidfakditemukan, betapa sepinya dunia ini, dan orang tidak bisa saling berkomunikasi jarak jauh. Sekarang dunia seakan semakin dekat atau sempit. Setiap saat kita ingin bicara dengan siapa saja dibelahan bumi lainnya, bisa kita lakukan.

Oleh. Didik Suwitohadi.
12-12-2011
Ref. Wikipedia.
http://www.Nobelprize.org
 
6 Komentar

Ditulis oleh pada 14 Desember 2011 in Yang ada di pikiranku ( in my mind )

 

Tag:

6 responses to “Guglielmo Marconi, penemu Radio

  1. www.lelombrik.net

    5 Agustus 2013 at 05:58

    While hiring a registered patent attorney will increase the investment
    of the filing process, the USPTO strongly advises seeking professional help due to the complexity of the process.
    Do you have an individual or a company in mind that might be in the market for
    this type of patent. For a patent application to be successful,
    it must be a commercially viable invention.

     
    • Didik Suwitohadi

      5 Agustus 2013 at 06:02

      Sorry, Idon’t understan what you mean…. But thankyou for came to my blog .

       
  2. anifa

    15 Desember 2013 at 04:26

    thank you!!!!!

     
  3. anifa dwi cahyani

    15 Desember 2013 at 04:27

    ?????

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: