RSS

Keinginan.

12 Agu

Keinginan….! Kadang aku berpikir, apakah sebuah keinginan yang membuat seseorang menjadi bergairah dalam hidupnya. Menjadi sangat kuat berjuang. Menjadi pantang menyerah sampai dia mendapatkan yang diinginkannya.

Hidup tanpa keinginan….! Apakah mungkin ? Sedang menurut sebagian orang keinginan adalah sumber dari gairah hidup. Bisa mewarnai sebuah kehidupan. Membuat kehidupan seperti yang diinginkan. Mau merah, merahlah kehidupannya. Mau putih, putihlah kehidupannya. Mau hitam, hitamlah kehidupannya. Tapi, apakah semua manusia sadar atas warna kehidupan yang telah dia tuangkan, bisa berdampak lansung pada kehidupannya

Kata sebagian orang, hidup tidak seperti yang kita mau. Mau hitam ternyata  yang terjadi adalah warna putih, atau sebaliknya. Kenapa bisa begitu ? Sesuatu yang diluar perkiraan kita, kerap terjadi dan membuat kita terkejut.

Tetapi, bukankah tanpa keinginan manusia sudah tidak lagi bisa di katakan hidup…? Apalah arti sebuah kehidupan kalau tak ada keinginan. Tanpa tujuan yang jelas, akan terombang ambing dalam samudra kehidupan yang tak jelas tepinya dimana. Maka keinginanlah yang akan membuat manusia bisa menuju kehidupan yang di inginkan.

Tapi, keinginan saja adalah tidak cukup, begitu kata orang arif. Ingin dihargai tapi tanpa punya harga yang cukup, mana mungkin…? Ternyata keinginan juga membutuhkan modal, paling tidak modal tenaga dan pikiran ( minimal ). Tenaga untuk berjuang, pikiran untuk cari caranya. Sebuah kombinasi yang sangat kuat. Salah satu tak boleh mendominasi. Kalau salah satu mendominasi, maka yang terwujut adalah bukan suatu keinginan yang benar.  Menggunakan kekuatan saja, akan menjadi orang yang ngawur dan asal sikat,  menghalalkan segala cara untuk memenuhi sebuah keinginan. Menggunakan pikiran saja, akan menjadi orang yang sangat licik, segalanya  penuh tipu muslihat. Maka sesuatu itu pasti ada katalisatornya, sebuah pengelola batas. Ada faktor ketiga sebagai katalisator, agar kekuatan dan pikiran tak dikendalikan oleh nafsu, yakni moral.

Nafsu membuat kita bersemangat untuk mewujudkan keinginan. Nafsu bisa memaksa siapa saja menuruti keinginannya. Hanya moral yang bisa menghalangi sepak terjang nafsu yang seenaknya. Keinginan butuh keselarasan, pikiran, kekuatan, nafsu dan moral.

Keinginan akan merubah jalan hidup kita. Selama keinginan masih bertahta di diri kita, maka selama itu pula kehdupan akan selalu melekat pada diri kita. Mimpi indah akan terwujud. Tuhan memberikan itu semua.

Seorang yang padam keinginannya, hanya menunggu waktu untuk MATI.

Oleh. Didik Suwitohadi.
11-08-2012
Iklan
 

Tag: , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: